Apa yang dimaksud dengan custom rom android

0 Comment

Kalau sebelumnya saya sudah pernah sedikit menjelaskan apa yang dimaksud dengan root pada android, maka kali ini tidak lengkap rasanya kalau saya juga tidak menyinggung soal kustomisasi pada android atau bahasa kerennya dicustom.

Anda tentu sudah pada tau bahwa henpon android adalah henpon pintar, kenapa dikatakan pintar (smartphone) ya karena hp yang bersistem operasi android bisa mengerti kebutuhan si penggunanya, Bagi yang sekedar ingin berinternet ria dan bersosialisasi di media sosial seperti facebook, twitter, bbm dan sejenisnya maka hal tersebut adalah soal sepele dimata android.
Sedangkan bagi user yang expert, atau user yang mempunyai jiwa suka dengan tantangan dan tidak ingin hp yang dimiliki tersebut tampil alakadarnya, maka user tersebut bisa mengacak acak isi sistem android tersebut untuk kemudian memodifikasi mulai dari sekedar tampilan home screen, interface aplikasi dan bahkan memodifikasi secara keseluruhan system android bawaan pabrik untuk disesuaikan dengan keinginannya. Misal pengguna smartphone android keluaran evercross, advance dll (pabrikan lokal/china) bisa mereka rombak sistemnya sehingga 99,9% menyerupai system hp dari pabrikan lain seperti samsung, oppo, experia dll.

Nah proses modifikasi seperti inilah yang dinamakan dengan custom. Sedangkan custom rom itu sendiri adalah bisa dikatakan file/firmware/bahan utama dalam mengeksekusi proses custom tadi.

Saya tidak menjelaskan secara detil bagaimana cara atau proses untuk melakukan custom ini. namun secara garis besar yang wajib anda lakukan jika anda penasaran dan ingin mencoba sendiri adalah;

1. Lakukan proses rooting android anda.
2. Download dan install CWM (ClockWorldMod) sesuai dengan tipe Hp anda.
3. Cari/Download file custom rom yang dikhususkan untuk tipe anda, kemudian install rom tersebut melalui CWM.

Cukup dengan 3 langkah tersebut anda sudah bisa main sulap yakni jika misal hp anda evercross maka anda bisa menyulapnya menjadi samsung sekelas S4 atau S5 sekalipun. Keren bukan? 😀
Dijamin setelah anda sukses pertamakali menginstall custom rom, anda PASTI KETAGIHAN!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *