Apa yang dimaksud dengan ROOT pada android?

0 Comment

Hanya bagi yang belum mengerti, bagi yang sudah master pasti sudah tidak asing dengan istilah ini.

Perlu diketahui bahwa android adalah menganut OS (Operating system) Linux. Kalau di windows (pc/laptop) level tertinggi adalah Administrator, maka di linux level tertinggi adalah root.

Apakah handphone android wajib di root?

Tergantung. Kalau anda tidak suka neko2 dengan android sebaiknya tidak usah.

Sebaliknya jika anda ingin bereksperimen lebih jauh terhadap hp anda, maka syarat utama adalah HP harus di root terlebih dulu.

Apa seh sebenarnya root itu dan bagaimana caranya?

Rooting pada device android bertujuan untuk membobol gembok atau membuka jalan agar pengguna hape bisa bebas masuk, membaca, sekaligus mengacak acak ke dalam file sistem si android. Dengan terbukanya hak akses ke wilayah tersebut maka selanjutnya pengguna bisa bebas untuk mencustomisasi baik sekedar mengedit tampilan bahkan sampai dengan hal2 ekstrim lainnya. Misal HP yang semula bermerk evercross bisa dirombak/dimodif total sampai menjadi hape merk Samsung, lenovo, Xperia Dll. Keren kan..??

Lantas bagaimana caranya?

Pada beberapa tipe ponsel dengan OS android versi tertentu, langkah rooting bisa dilakukan dengan cukup mudah yakni dengan bantuan aplikasi Frameroot. Namun ada juga ponsel yang tidak bisa dikerjakan dengan frameroot, harus dengan step2 khusus termasuk harus dengan bantuan PC.

 

Demikian, semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *