Tutorial cara upload ke server

0 Comment

Kali ini saya coba ulas sekilas cara upload file ke server hosting. Langsung to point saja…

Untuk proses upload, kita bisa menggunakan fasilitas file manager bawaan cpanel, software filezilla ftp client atau winscp.

Untuk mengupload melalui cpanel, silahkan login terlebih dulu ke cpanel anda dengan mengakses http://domainanda.com/cpanel. Kemudian setelah login cari menu file manager seperti pada gambar.

Klik menu tersebut sehingga anda akan dibawa ke tab baru pada browser anda dan akan tampil seperti berikut;

Pastikan anda mengupload file script website anda ke folder public_html. karena jika tidak maka file tersebut tidak akan bisa diakses melalui browser secara publik. Untuk mulai mengupload anda bisa klik icon Upload yang ada dibagian atas seperti pada gambar, selanjutnya anda akan dibawa lagi ke tab baru dan akan ditampilkan form order untuk memilih file dari pc anda.

Ikuti langkah2 yang ada sampai proses upload selesai.

Selain cara diatas, kita juga bisa menggunakan software filezilla ftp client yang bisa didownload di http://filezilla-project.org.

Dan berikut tampilan ketika kita sudah loginakses ftp dan siap upload file ke server hosting.

Untuk mempermudah proses upload file misal script cms atau script hasil coding yang terdiri dari sekian banyak file, maka sangat direkomendasikan untuk mencompress semua file (termasuk folder) tersebut kedalam atau menjadi sebuah file terkompresi dengan extensi .zip, .tar atau .tar.gz. Ingat, hanya 3 jenis extensi tersebut yang bisa disupport, .rar dan lain-lain tidak akan dikenali oleh server. Gunakan winzip atau winrar untuk keperluan compress ini.

Selanjutnya jika file terkompress tersebut (zip) sudah terupload ke hosting, kita bisa mengkestraknya cukup dengan klik icon Extract yang ada di pojok kanan atas.